Logo

KECAMATAN PAGAK

LEBIH BAIK MENCEGAH DARI PADA MENGOBATI

Seperti yang kita ketahui bahwa yang namanya penyakit virus manusia pasti banyak jenisnya. Seperti halnya juga dengan virus pada computer ataupun laptop berikut ini adalah jenisnya:

1.BOOT SECTOR - Menduduki sebahagian daripada bahagian cakera keras atau disket pada bahagian rekod boot utama(MBR).Ia akan mendiamkan dirinya ssehingga ia dihidupkan oleh aturcara tersebut.

2.PARTITION TABLE - Ia menyerupai virus boot sector tetapi ia menyerang "partition table" cakera keras(ruang simpan maklumat bagaimana cakera keras dicapai) dengan menggerakkan ia ke sektor yang baru dan menggantikan sektor yang ada dengan kod yang dijangkiti virus. Virus akan disebarkan daripada partition table ke boot sector disket jika disket digunakan.

3.FILE VIRUS - Virus jenis ini adalah virus yang biasa didapati pada file-file. Virus ini akan mencantumkan dirinya kepada file .exe dan ia akan menghalang file itu daripada berfungsi. Ia juga mampu mengubah dan merosakkan file itu bagi memudahkan ia disebarkan sebelum ia dikesan. Antara jenis virus yang dimuatkan dalam kategori ini ialah virus polimorfik(sering berubah) dan virus stealth(tidak meninggalkan kesan).

4.MULTIPARTITE VIRUS - Ia mempunyai ciri-ciri yang sama dengan virus boot sector dan virus file. Ia bercantum kepada file dan mengubahsuai MBR cakera keras. Ia memerlukan pengkodan yang kompleks.Virus jenis ini jarang didapati tetapi ia mampu melakukan tindakan yang menghancurkan

5.MACRO VIRUS - Virus jenis ini masih baru dan yang pertama muncul pada Julai 1995 di dalam MS WORD.Secara tidak langsung semua file yang menggunakan aplikasi Word,Excel dan aplikasi lain yang menggunakan makro. Ia boleh menghasilkan jaringan arahan didalam sebuah file yang menjalakan arahan setiap kali sesuatu kombinasi kekunci itu ditekan.Terdapat juga virus makro yang merosakkan dan memusnahkan file lain.    

6.TROJAN HORSE - Virus ini tidak mereplikasikan dirinya dengan itu ia sering dianggap bukan virus sepenuhnya tetapi ia masih mampu menghasilkan sebuah kerosakkan yang besar. Ia sering dimuatkan dalam program yang baru atau sah kerana ia sering digunakan oleh pengguna. Apabile ia dihidupkan ia akan memaparkan mesej, menukar data atau memusnahkan banyak fail.

7.WORMS - Virus ini juga bukanlah virus yang sepenuhnya kerana ia tidak menjangkiti file lain tetapi ia mereplikasikan dirinya dengan cepat. Setiap kali ia mengeluarkan salinan.Hasilnya ialah penghasilan banyak worm dalam masa yang pendek dan memakan ruang cakera keras. Ia merebak menerusi rangkaian atau emel dan memenuhi ruang storan rangkaian atau simpanan emel. Setelah kita mengetahui jenisnya ini ada beberapa cara mengatasi atau mencegah computer dari serangan virus.

1.Gunakan software antivirus yang terpercaya dan selalu ter-update.  Langkah paling penting untuk mencegah masuknya "sesuatu" yang dapat membahayakan komputer kita adalah dengan meng-install antivirus. Gunakan hanya antivirus yang Anda percayai dan sudah terbukti kinerjanya secara internasional. Beberapa software antivirus yang sudah teruji antara lain AVG Antivirus, NOD32, Norton, Panda Antivirus, dll. Dan ingat selalu untuk terus meng-update antivirus Anda karena antivirus sehebat apapun tidak akan banyak berguna apabila tidak di-update. 

2.Lakukan proteksi terhadap disket atau USB flash disk Anda.  Jika Anda terpaksa memasukkan disket atau flash disk ke dalam komputer yang sudah terinfeksi virus, jangan lupa untuk melakukan proteksi terhadap disket atau USB flash disk Anda. Biasanya pada disket atau USB tertentu terdapat sebuah switch yang membuat disket atau USB hanya bisa dibaca sehingga virus tidak bisa menjangkitinya. Tidak semua flash disk menyediakan switch "read-only" semacam ini. 

3.Hati - hati terhadap file attachment.  Anda pernah menerima email dengan file attachment? Jangan sembarangan membuka email seperti itu, apalagi dari oreng yang tidak Anda kenal, betapapun menariknya isi dari attachment itu Anda jangan sampai mendownloadnya. Para pembuat virus, worm atau Trojan selalu menggunakan 1001 cara utuk menarik minat calon korbannya agar mendownload file bervirus. Apalagi jika diimingi gambar porno atau gambar bugil. Anda patut curiga 90% bahwa file tersebut bervirus. 

4.Jangan sembarangan mengklik file yang mencurigakan.  Terkadang di dalam disket atau flash disk Anda terdapat file aneh yang terasa asing dan mencurigakan, seperti penggunaan karakter yang tidak lazim, bentuk folder yang tidak sesuai dengan folder - folder lainnya dan sebagainya. Jangan sekali - sekali Anda membuka file tersebut bila belu benar - benar mengetahui tentang file tersebut. Untuk mengetahuinya Anda bisa menscan file tersebut dengan antivirus dan melihat properties file itu.  Sebagai contoh kasus virus yang sempat menghebohkan, yaitu virus brontok. Virus ini bentuknya menyerupai folder - folder biasa dan jika Anda membuka folder tersebut maka Anda akan kembali ke my document, dan demikian virus itu telah aktif dan menginfeksi komputer Anda. 

5.Mendownload Microsoft Outlook Security Patch.  Jika Anda menggunakan Microsoft Outlook sebagai email Anda sebaiknya downloadlah Microsoft Outlook Security Patch karena patch tersebut dapat berfungsi sebagai pengawas keamanan keluar - masuknya email. 

6.Non aktifkan windows scripting host.  Banyak virus yang dikembangkan dengan menggunakan visual basic scripting yang berjalan pada platform windows. Jika Anda menonaktifkan windows scripting host Anda dapat memperkecil serangan virus yang dibuat dengan VBScript, namun cara ini tidaklah ampu 100% karena tidak semua virus dibuat memakai VBScript bisa ditahan dengan menonaktifkan program ini, tapi setidaknya dengan menonaktifkan windows scripting host kita dapat mengurangi risiko serangan virus.  Setelah membaca artikel di atas kita telah mengetahui sedikitnya jenis-jenis virus dan cara mencegahnya. Semogah bermanfaat.  (Diambil dari berbagai sumber) INDAH PITA MAHARDITA &IVVA MAULIDYAH HUSSEIN SMKN 3 MALANG

Berita
Antusias Nilai Nilai Budaya Warga Desa Kucur

Kegiatan rutin Gelaran Bina Desa (Bhakti Sosial Menata Desa) Pemerintah Kabupaten Malang pada hari Selasa 10 Juli 2018 dilaksanakan di Desa Kucur Kecamatan Dau. ...

Berita
PDE Tansah Eling Kabudayan Nyuswantoro

Perkembangan zaman boleh dapat membuat perubahan, tapi budaya yang luhur sebisa mungkin dapat dipertahankan seperti pepapatah yang mengatakan Jas merah jangan lupakan sejarah. Kegiatan ini biasanya dilaku ...

Berita
Selamat Bagian PDE Sukses Live Streaming

Alhamdulillah pertama kali ini website malangkab.go.id telah sukses menampilkan siaran langsung video via web. Siaran langsung tersebut bertepatan dengan promosi gelar doktor program pasca sarjana fakulta ...